Bank Indonesia Solo Resmikan BI Corner di UNS

BI-corner-370x186
Mar 28 2016

Bank Indonesia Solo Resmikan BI Corner di UNS

SOLO – Bank Indonesia (BI) Solo menambah satu fasilitas BI Corner di perguruan tinggi di wilayah kerjanya. Setelah sebelumnya meresmikan BI Corner di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Kamis (17/3/2016) lalu, kali ini sarana serupa diresmikan di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (23/3/2016).

BI Corner merupakan perpustakaan mini yang menyediakan ratusan jenis buku ekonomi, bisnis, perbankan, manajemen ekonomi Islam, perbankan syariah, hukum perbankan, perpajakan, ensiklopedia, dan buku ekonomi lainnya itu, menempati salah satu ruang di Perpustakaan Kampus UNS.

Kepala Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto, menjelaskan, khusus untuk wilayah Soloraya, BI Solo telah membangun dua BI Corner, yaitu di UNS dan IAIN Surakarta yang merupakan dua perguruan tinggi negeri terkemuka di Soloraya. Sementara target BI sampai dengan 2020 adalah terbangunnya 1.000 BI Corner di seluruh wilayah Nusantara.

“Melalui kegiatan Program Sosial BI [PSBI] bertajuk Indonesia Cerdas, BI membangun BI Corner sebagai salah satu bentuk kepedulian BI dalam mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dengan menumbuhkan minat baca di generasi muda di Indonesia,” paparnya.

Fasilitas BI Corner yang dibangun di perpustakaan dilengkapi dengan fasilitas seperti komputer dan audio visual sebagai penunjang informasi berbasis teknologi dalam memberikan kenyamanan bagi para mahasiswa.

Selain BI Corner, BI juga telah memberikan beasiswa bagi 40 mahasiswa UNS setiap tahun, antara lain berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Hukum (FH). Para mahasiswa tersebut saat ini tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi).

“Kami berharap dengan fasilitas ini generasi muda dapat lebih mengenal BI sebagai bank sentral di Indonesia termasuk peran dan tugasnya,” harapnya.
Dalam kesempatan itu, BI juga mengadakan Edukasi Program Elektronifikasi sebagai bagian dari upaya BI untuk menciptakan less cash money melalui Kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Di KPW BI Solo implementasi program ini kami sinkronisasikan dengan kebijakan publik transport yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo yang sedang menerapkan pembayaran secara nontunai bagi penumpang bus Batik Solo Trans (BST),” terangnya.

Sementara Wakil Rektor IV (Bidang Humas dan Kerja Sama Antar Lembaga) UNS, Widodo Muktiyo maupun Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi menyambut baik BI Corner itu.
Rohmadi berharap, BI Corner itu bermanfaat bagi mahasiswa, terutama mahasiswa FEB maupun fakultas lainnya. Menurut mereka, BI Corner akan memperkaya ilmu pengetahuan para mahasiswa, selain ilmu yang didapat dari bangku kuliah.

“Kami berharap BI Corner bisa meng-up date ilmu pengethuan bagi mahasiswa. Di era informasi yang begitu cepat seperti sekarang ini, ilmu yang didapat para mahasiswa di bangku kuliah kadang-kadang ketinggalan di dunia nyata,” kata Widodo menambahkan.

 

Editor: Anik Sulistyawati | dalam: Pendidikan | http://www.solopos.com/nasional/pendidikan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.