Inilah 3 Transportasi Wisata Unik di Kota Solo

Bus-Tingkat-Werkudara-300x200
Mar 26 2016

Inilah 3 Transportasi Wisata Unik di Kota Solo

Mengelilingi Kota Solo menggunakan motor, mobil, becak, tentunya sudah biasa. Ada cara unik keliling Kota Solo Menggunakan Bus Tingkat Werkudara, Sepur Kluthuk Jaladara dan Railbus Batara Kresna. Berikut ulasan transportasi unik di Kota Solo.

Bus Tingkat Werkudara

Bus Tingkat WerkudaraBus Tingkat Werkudara adalah transportasi wisata yang disediakan Pemerintah Kota Surakarta khusus untuk para wisatawan untuk mengelilingi Kota Solo. Bus ini diberi nama Werkudara berdasarkan lelakon Wayang Jawa, Werkudara atau Bima sebagai tokoh Pandawa yang sangat kuat, gagah perkasa dan urutan ke-2 dari 5 bersaudara. Itulah yang menjadi filosofi Pemerintah Kota Surakarta memberikan nama Werkudara sekaligus identik dengan bentuk dari Bus Tingkat Wekudara yang besar, kokoh diantara kendaraan lain yang melaju di jalanan Kota Solo.

Bus Tingkat Werkudara ini terdiri dua lantai; lantai satu dan lantai 2. Fasilitas di dalam Bus, TV, kursi VIP lantai satu, AC untuk ngadem di lantai satu, serta tour guide yang memandu dalam perjalanan wisatawan menikmati setiap jengkal Kota Solo. Nah, Keunikkan ketika anda menaiki Bus Tingkat Werkudara ialah dapat melihat pemandangan Kota Solo dari mulai bangunan artistik yang penuh sejarah, Keraton Kasunanan, Jajanan Khas Solo, Aktifitas masyarakat wong solo dari lantai dua. Pemkot Kota Solo juga menyediakan fasilitas Hospot dan Fotografer sehinggga wisatawan dapat tetap eksis dengan berfoto selfie dengan view Kota Solo.

Rute Bus Tingkat Werkudara di jalan-jalan protokol Kota Solo dari Jl. Slamet Riyadi – Purwosari –Gladak – Balaikota – Pasar Gedhe –RSUD dr Moewardi – UNS – Jurug – UNS – Panggung – Pasar Gedhe – Gladag – Pusat Grosir Solo (PGS) – Sangkrah – Alun-alun Utara – Pasar Kliwon – Baturono – Gading – Tipes – Baron – Jongke – Purwosari – Kerten – Manahan (selesai). Dan beroperasi pada hari sabtu dan minggu serta libur nasional, jadwal pemberangkatan Bus 3 kali dalam sehari pada pukul jam 09.00, 12.30, dan 03.30 WIB.

Lalu, bagaimana cara reservasi / pemesanan tiket serta harga ? anda dapat menghubungi Dishubkominfo Kota Surakarta (Jalan Menteri Supeno No.7 Manahan). Supaya tidak kehabisan tiket sebaiknya reservasi jauh-jauh hari, akibat selalu penuhnya penumpang Bus Tingkat Werkudara. Untuk harga tiket per orang Rp. 20.000, rombongan dikenakan Rp. 800.000 selama 3 jam kalau setiap jamnya Rp. 250.000. Bus Werkudara berhenti 2 kali yaitu Patung Gladak & Taman Satwa Jurug.

Sepur Kluthuk Jaladara

sepur kluthuk jaladaraTransportasi Unik yang Ke-2 adalah Kereta Wisata Sepur Kluthuk Jaladara. Dikatakan unik karena Kereta ini berjalan di tengah jalanan Kota Solo, tidak seperti biasanya ketika sebuah kereta lewat selalu ada palang kereta yang berarti semua kendaraan harus berhenti. Kereta Uap Kluthuk Jaladara merupakan kereta buatan Jerman tahun 1896 yang terdiri dari satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Kereta tua tersebut masih kuat dan kokoh sehingga dapat beroperasi sampai sekarang.

Tidak kalah menarik dari Bus Tingkat Werkudara, Kereta ini berjalan sangat pelan menyusuri setiap pojok Kota Solo, Jl. Slamet Riyadi jalan utama kota Solo dan rencananya akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak. Kereta Wisata ini disediakan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo untuk berlibur.

Rute Sepur Kluthuk Jaladara dari mulai stasiun Purwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah. Kereta ini beroperasi 2 kali dalam seminggu yaitu hari Sabtu dan Minggu. Biaya untuk naik kereta dibagi dalam beberapa paket ; Paket yang membawa 80 penumpang sebesar Rp. 3.250.000/rombongan jika dibagi per orang Rp. 150.000/orang biaya paling rendah untuk menaiki Kereta Uap tersebut, paket yang membawa 35 penumpang dikenakan biaya Rp. 290.000 / orang, paket yang membawa 25 penumpang dikenakan biaya Rp. 360.000/orang tinggal menyesuaikan kantong anda masing-masing 😀 .

Dengan biaya yang relatif mahal anda tidak akan merasa rugi karena di dalam kereta juga disediakan fasilitas meliputi welcome drink berupa minuman jamu tradisional dan jajanan pasar, live music tradisional selama perjalanan, souvenir berupa sampir atau slayer, atraksi kesenian tradisional seperti reog atau jatilan, pemandu perjalanan, tiket masuk museum batik serta coffee break.

Railbus Bathara Kresna

Railbus bathara kresnaTransportasi Unik Ke-3 adalah Railbus Bathara Kresna. Sebuah kereta wisata yang diperuntukkan wisatawan Kota Solo, Jalur Railbus Bathara Kresna yaitu Solo-Wonogiri. Railbus ini diresmikan pada tanggal 26 juli 2011 dan beroperasi pada tanggal 5 Agustus 2012, pada tahun 2013 Railbus ridak beroperasi dikarenakan rusaknya jalur kereta Solo-Wonogiri. Tahun 2015 kembali mulai beroperasi lagi.

Dengan menaiki Railbus anda akan menikmati pemandangan yang berbeda dari Kota Solo. Anda dapat melihat view Kota Solo serta menikmati perjalanan dari Solo-Sukoharjo-Wonogiri pemandangan sawah yang menghampar luas, dan pegunungan yang indah serta lingkungan pedesaan yang dilewati oleh Railbus Bathare Kresna. Railbus ini berjalan sangat pelan sekitar 20-30 km/jam.

Kereta ini beroperasi 2 kali sehari pulang pergi yaitu pada pukul 06.00 WIB dari stasiun Purwosari dikenakan tarif Rp. 4000/orang, tapi untuk menaiki kereta ini anda harus datang lebih awal supaya mendapat tiket Kereta. Dan untuk perjalanan pulang dari Wonogiri anda dapat membeli tiket untuk pemberangkatan jam 08.00 WIB.

Selamat liburan di Kota Solo dengan berbagai pilihan transportasi yang ada di Kota Solo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.