Museum Batik Danar Hadi, Wisata Sejarah Batik di Solo

Museum-batik-danar-hadi-surakarta
Mar 26 2016

Museum Batik Danar Hadi, Wisata Sejarah Batik di Solo

Museum Batik Danar Hadi, Wisata Sejarah Batik di Solo – Batik merupakan warisan budaya asal Indonesia yang sangat penting sekali untuk selalu dilestarikan. Bahkan UNESCO telah mengukuhkan batik sebagai sebuah warisan dunia.

Salah satu pusat batik terkenal dan terbesar di Indonesia adalah Batik Danar Hadi Solo. Batik di tempat ini ada banyak sekali variannya. Bahkan koleksi batik di Danar Hadi itu mencapai 10.000 lebih jenis batik.

Selain memproduksi berbagai jenis batik dan melakukan inovasi produk-produk batik tersebut, Danar Hadi Solo juga melestarikan batik-batik yang ada di Indonesia dengan membuat semacam museum. Museum tersebut bernama Museum Batik Kuno Danar Hadi.
Nah seperti apakah museum batik terkenal dan terbaik di Indonesia dan bahkan dunia itu? maka dari itu, jika Anda penasaran terus simak dan ikuti sajian informasi pada kesempatan kali ini.

Museum Batik Danar Hadi, Wisata Sejarah Batik di Solo
Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo merupakan kawasan pelestarian budaya lumbung batik dari berbagai daerah di Indonesia. museum ini pertama kalinya dibuka pada tahun 2002 oleh Ibu Megawati Soekarno Putri yang saat itu menjabat sebagai seorang Wapres RI.
Baragam corak, motif, dan warna batik semuanya tersedia disini. Bahkan koleksi yang ada di museum batik kebanggan orang Solo ini mencapai 10000 lebih. Koleksi tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia saja. akan tetapi beberapa diantaranya juga berasal dari batik luar negeri.

Dengan koleksi yang sangat banyak tersebut, museum kebanggaan orang Solo ini mendapatkan penghargaan MURI sebagai museum dengan koleksi batik terlengkap di Indonesia dan bahkan dunia. tidak hanya penghargaan itu saja, museum ini juga mendapatkan penghargaan lain yaitu penghargaan IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia pada tahun 1999, penghargaan dari Pemerintah Kota Surakarta pada tahun 2000 dan penghargaan dari portal website Tripadvisor.

Museum Danar Hadi Batik SoloSalah satu koleksi batik asal luar negeri adalah Batik Belanda. Batik Belanda ini dibawa masuk ke Indonesia oleh orang-orang penjajah jaman dahulu. corak batik Belanda ini juga memiliki ciri khas tersendiri yakni bernuansa lebih ke Barat atau Eropa. Sehingga hal ini membuat koleksi batik yang ada di museum ini semakin beraneka ragam.
Selain batik Belanda, ada juga koleksi batik menarik lainnya yakni Barik Djawa Hokokai. Batik ini berbeda dari batik Belanda yang lebih bercorak Eropa. Untuk batik Djawa Hokokai ini lebih condong ke corak orang-orang Jepang. Hal ini dapat terjadi karena memang batik Djawa Hokokai ini diperkenalkan di Indonesia saat jaman penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Jepang.

Ketika berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi Solo tersebut, Anda bisa mengetahui secara langsung koleksi batik-batik dari berbagai daerah dan juga mengetahui cara membuat batik tersebut. sehingga Anda bisa berwisata sekaligus mendapatkan ilmu dalam pembuatan batik. Bahkan Anda juga bisa membawa pulang hasil kerajinan batik yang berasal dari PT Danar Hadi Solo sebagai oleh-oleh.

Aksesibilitas Ke Museum Danar Hadi Solo
Untuk bisa sampai di museum tersebut sebenarnya sangat mudah sekali, ada banyak sarana transportasi yang bisa kita gunakan. Dari pusat kota Solo, Anda bisa memilih alat transportasi antara lain Bis Damri A, Bis Damri B, Atmo, Sumber Rahayu, Surya Kencana A, ataupun Solo Batik Trans. Angkutan-angkutan umum tersebut beroperasi mulai dari pukul 05.30 hingga 16.00 dengan tarif Rp. 2.500.

Namun jika Anda tidak mau repot-repot dan berdesakan dengan penumpang lain, maka Anda bisa memilih menggunakan sarana transportasi taksi. Ada banyak sekali taksi yang bisa Anda tumpangi. Anda tinggal mengatakan ke “Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo” saja sopir taksi tersebut akan tancap gas menuju ke lokasi. Karena letak tempat wisata satu ini berada di Pusat Kota Solo, sehingga ada banyak sekali papan penunjuk jalan yang bisa Anda jadikan pedoman.

Itulah informasi singkat seputar objek wisata di kota Solo yakni Museum Batik Kuno Danar Hadi. Semoga informasi diatas dapat menjadi sumber referensi wisata Anda bersama dengan keluarga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.