Ngarsopuro, Tempat Wisata Malam Seru di Kota Solo

ngarsopuro-solo
Mar 26 2016

Ngarsopuro, Tempat Wisata Malam Seru di Kota Solo

Ngarsopuro, Tempat Wisata Malam Seru di kota solo – Berbicara seputar pariwisata yang ada di kota Solo nampaknya tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat di Kota Solo ini memiliki banyak sekali objek pariwisata seru dan menarik yang dapat kita coba rasakan.

Meskipun Kota Solo tergolong sebagai kota yang kecil, tidak seluas kota-kota yang ada di sekitarnya. Akan tetapi dari wilayah yang kecil inilah kota Solo mampu menjelma menjadi fenomena yang sangat menakjubkan dari pada kota lain. terutama dalam hal pariwisata.

Wisata di kota Solo berbeda dengan kota lainnya, jika kota lain hanya menawarkan wisata pada siang hari. Namun jika Anda berkunjung di Kota Solo, Anda bisa menikmati wisata malamnya juga. Salah satu tempat wisata malam di kota Solo yang seru untuk Anda kunjungi adalah Ngarsopuro.
Ngarsopuro, Tempat Wisata Malam Seru di Kota Solo

Mungkin nama Ngarsopuro tersebut terdengar asing bagi sebagian besar diantara kita. Tetapi bagi masyarakat kota Solo, Ngarsopuro merupakan kawasan yang sudah sangat sering mereka kunjungi setiap hari. Terutama pada hari Sabtu dan Minggu, karena pada hari Sabtu dan Minggu inilah kawasan Ngarsopuro banyak didatangi oleh para pengunjung. Mulai dari balita, anak muda, orang dewasa, hingga lansia pun banyak sekali terlihat mengunjungi tempat wisata satu ini.

Dahulu sebelum kawasan Ngarsopuro ini dijadikan sebagai objek wisata, kawasan ini merupakan tempat berjualan barang elektronik dan terdapat pula pasar Triwindu atau pasar yang menjual barang antik. Mereka berjualan disepanjang tepian jalan. sehingga hal ini membuat pemandangan kota Solo menjadi tidak etis.
Akan tetapi saat ini kawasan tersebut berubah 180 derajat, dibawah pemerintahan Walikota Solo yakni Jokowi saat itu, kawasan yang dahulunya semrawut telah diubah menjadi kawasan yang bersih, tertata rapi, dan sangat indah. Perubahan ini dimulai oleh Bapak Joko Widodo mulai tahun 2009. Dan hingga kini kawasan tersebut masih terjaga, baik kebersihan ataupun kerapiannya.

Bapak Jokowi saat itu tidak mengusir pada pedagang yang jualan di tepian jalan. tetapi beliau membuatkan semacam kios-kios kecil yang berada di tepian jalan tersebut, dimana kios tersebut sekarang ini telah ditempati oleh sebagian besar pedagang yang jualan di tepian jalan tempo dahulu. sedangkan untuk pasar barang antiknya yakni Triwindu, juga telah ditata serapi-rapinya dan bahkan diubah namanya menjadi pasar Windujenar.

Tidak hanya merapikan para pedagang dan pasar saja, akan tetapi pemerintah kota Solo melalui perintah Bapak Jokowi juga terlihat sangat memperhitungkan keindahan jalanan tersebut. sehingga di sepanjang jalanan tersebut kini telah dihiasi dengan berbagai macam benda berkelas seni tinggi. mulai dari patung-patung yang sangat eksotis, topeng, lampu berbentuk burung yang sangat unik, hingga lukisan-lukisan didinding yang bernilai seni sangat tinggi.

Dengan berbagai macam keindahan dan kerapian inilah kawasan Ngarsopuro sering dijadikan sebagai tempat wisata oleh banyak orang. Biasanya pengunjung banyak berdatangan ke tempat ini saat Sabtu malam Minggu. Terutama saat malam hari tiba, karena saat malam hari jalanan tersebut ditutup secara total.
Di sepanjang jalan tersebut Anda bisa bersantai menikmati malam Minggu bersama dengan keluarga ataupun kekasih tercinta. Tidak hanya bersantai saja, di kawasan Ngarsopuro ini Anda juga bisa berbelanja berbagai kerajinan khas kota Solo. Mulai dari cindera mata, handycraft, batik dan lain sebagainya.

Selain dijadikan sebagai kawasan tempat wisata dan belanja, di kawasan Ngarsopuro ini sering juga digelar event-event atau acara internasional. event tersebut digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya lokal atau nasional ke mata dunia. adapun acara yang sering digelar di kawasan tempat wisata ini antara lain seperti Solo International Performing Art (SIPA), Solo International Ethnic Music (SIEM), Kreatif Anak Sekolah Solo (KREASSO), Solo City Jazz, Solo Keroncong Festival, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi, segera nikmati wisata malam yang sangat seru di kota Solo. Terutama di kawasan Ngarsopuro. Sekian informasi seputar tempat wisata malam Ngarsopuro Solo. Semoga informasi tersebut bisa menjadi sumber referensi destinasi wisata seru bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.