OS ANDROID : Inilah Nama-Nama OS Android Versi Lawas hingga Terbaru

Android-Marsmallow-www.technobuffalo.com_
Mar 28 2016

OS ANDROID : Inilah Nama-Nama OS Android Versi Lawas hingga Terbaru

SOLO — Sistem operasi smartphone terbesar saat ini, Android, ternyata memiliki banyak nama unik. Nama-nama unik OS Android itu terinspirasi dari makanan manis.

Dalam memuaskan dan memberikan pengalaman baru untuk pengguna, OS Android yang dibeli Google pada Juli 2005 lalu, membuat beberapa pembaruan dengan berbagai versi dan memiliki nama unik.

Sebagaimana dilansir Android, Meroket, dan Tomsguide, Senin (28/2/2016), OS Android memiliki 12 versi yang berurutan sesuai abjad. Urutan versi nama Android pertama hanya menggunakan Android saja tanpa sebutan. Berikut ini nama-nama OS Android dari versi pertama hingga terbaru.

-Android 1.0

Versi komersil pertama dari Android adalah OS Android 1.0. sistem operasi berbentuk robot hijau itu dirilis September 2008 dan versi beta yang dirilis pada November 2008. Android merupakan pengembangan berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA) yang telah melakukan beberapa kali update sejak sistem operasi ini dirilis.

Versi komersil pertama ini ditanam di smartphone besutan HTC yang dinamakan T-Mobile G1. Smartphone T-Mobile G1 itu diluncurkan di New York, Amerika Serikat, yang sekaligus menjadi ponsel layar sentuh berbasis Android pertama di dunia.

-Cupcake (OS Android 1.5)

Android Cupcake merupakan versi OS Android pertama yang menggunakan nama makanan berbau manisan. OS ini diluncurkan kali pertama pada 2009 silam. Berbagai aplikasi dan fitur yang ditawarkan dalam sistem Android Cupcake di antaranya aplikasi kamus dan keyboard, kemampuan merekam dan memutar video dalam format MPEG-4, aplikasi widget yang lebih lengkap, serta kemampuan transisi layar dan fitur untuk mengunggah video ke dalam Youtube secara lebih mudah dan cepat.

Versi Cupcake kali pertama ditanamkan di smartphone HTC myTouch 3G. Namun, saat itu, pengguna T-Mobile G1 juga bisa untuk merasakan versi Android yang penggunanya jauh lebih banyak dari HTC myTouch 3G.

-Donut (OS Android 1.6)

Setelah enam bulan setelah peluncuran OS Android versi 1.5 Cupcake, Android kembali memperkenalkan sistem operasi versi terbarunya yaitu OS Android versi 1.6 Donut.

Secara keseluruhan tampilan sistem operasi Google tersebut sama dengan Cupcake, hanya saja terdapat penambahan dan perkembangan pada sistem kamera dan serach engine atau mesin pencarian.

-Selain itu, Androd versi ini dilengkapi pula dengan dukungan bagi jaringan CDMA dan hadirnya Android Market versi pertama, yang sebelumnya belum ada pada OS Android versi 1.5 Cupcake.

-Eclair (OS Android 2.0-2.1)

Perkembangan atau transformasi yang lebih besar lagi dilakukan oleh Android. Bersamaan dengan diluncurkannya perangkat seluler bernama Motorola Droid yang merupakan peningkatan spesifikasi dari perangkat sebelumnya yaitu HTC Dream, Android memperkenalkan sistem operasi terbarunya versi 2.0-2.1 dengan nama Eclair, atau dalam arti Indonesia merupakan jenis roti sus berbalut coklat di atasnya.

OS Android Eclair hadir dengan adanya fitur GPS dan tampilan yang lebih modern dibandingkan versi sebelumnya. Android Eclair ini juga dipilih oleh Motorola Droid seagai sistem operasinya.

Dengan hadirnya Motorola Droid, sistem operasi Eclair mampu menjawab panggilan masuk dengan menggeser ikon hijau pada layar. Hal itu merupakan kelebihan terbaru yang dimiliki Android pada saat itu.

-Froyo (OS Android 2.2-2.2.3)

Tahun 2010, tepatnya pada Mei, Android kembali memperkenalkan versi OS terbarunya yaitu OS Android 2.2 Froyo yang memiliki dukungan Adobe Flash Player yang belum ada pada versi sebelumnya, Eclair. Nama makanan manis Froyo mungkin terkesan tidak familiar di kalangan makanan manis di Indonesia, karena Froyo merupakan sebuah singkatan dari Frozen Yoghurt.

Performa Froyo lebih baik dibandingkan Eclair, ditambah lagi dengan adanya dukungan Secure Digital Card yang semakin mempermudah pengguna dalam melakukan penyimpanan data dalam perangkat seluler pintarnya. Dalam versi ini, Android sudah mampu untuk menjadikan smartphone sebagai perangkat Wifi.

OS Android Froyo adalah versi yang masih digunakan untuk membuka Android Market, walau jumlahnya sangat sedikit. Versi sebelumnya tidak memang sudah bisa membuka Android Market, namun banyak dari penggunanya yang update ke versi terbaru.

 

Editor: Haryo Prabancono | dalam: Android | Sumber: http://www.solopos.com/tekno/feed

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.