Startup Seperti Apa yang dicari oleh Cyber Agent Ventures ?

Mar 28 2016

Startup Seperti Apa yang dicari oleh Cyber Agent Ventures ?

 

Editor’s note : Di suatu hari yang random, saya keep in touch dengan Liauw Oswin Liandow, investment manager dari Cyber Agent Ventures (CAV). Wawancara lainnya tentang Bilna ada di Belajar pengelolaan ecommerce dari Ferry Tenka sedangkan wawancara dengan Takahiro Suzuki (General Manager CAV) ada di “Apa yang harus diperhatikan internet entrepreneur ketika memulai?”

Saat ini portofolio CAV di Indonesia adalah Bilna.com dan Tokopedia.com, kami sedang mencari beberapa portofolio lagi seperti di bawah ini :

  1. Ecommerce atau vertical ecommerce – Dua startup pertama yang kami invest menggambarkan believe kami terhadap proses perkembangan suatu market internet business. Kami percaya gelombang startup pertama adalah ecommerce general, lalu ecommerce niche, saat orang-orang mulai teredukasi untuk belanja online, akan meng-unlock peluang lainnya, seperti travel, affiliate ecommerce, kategori lainnya menyusul, Indonesia juga memiliki keunikan dengan akses mobile yang kuat, karena itulah kami merasa bakal ada service mobile based yang kuat ( nomor 2).
  2. Mobile app game, mobile dating service – Dilihat dari keadaaan sekarang, dengan kelebihan yang dimiliki mobile, mobile game dan mobile dating service paling cepat untuk berkembang. Sedangkan untuk mobile app yang bersifat social, memang ada yang bilang bahwa penetrasi smartphone di Indonesia masih kecil dan mobile app masih terlalu cepat, tetapi kami punya perkiraan mobile app seperti dating sites atau mempertemukan orang yang memiliki intention khusus memiliki needs yang cukup kuat di masyarakat Indonesia.
  3. Jobs – job site di Indonesia saat ini kurang baik dalam hal filtering data applicants. Contohnya, perusahaan employer menerima 1000 resume tetapi hanya belasan yang cocok backgroundnya, masalah ini seharusnya bisa diperbaiki (Perbincangan antara kami berlanjut ke Livesense.co, sebuah perusahaan jobsite di Jepang yang foundernya menjadi founder termuda yang go public di Jepang, perbedaan yang dibuatnya adalah menerapkan konsep affiliate marketing di jobsite, di mana Livesense mendapat fee hanya jika memberikan kandidat yang diterima perusahaan employer)
  4. Restaurant review – Saat kamu ke mall dan ingin makan, biasanya kamu akan bertanya ke teman “restoran mana yang enak?” di Jepang, Tabelog menghasilkan uang besar sekali dari local ads untuk jawaban pertanyaan ini. Di Indonesia memang beberapa tahun terakhir ada beberapa service seperti ini yang tutup tetapi kami percaya akan datang saatnya service seperti ini akan menjadi besar.
  5. Portal woman – Semua setuju bahwa perempuan adalah pemegang dompet suami dan vertical niche ini valuenya besar sekali. Kalau sudah terbentuk komunitas perempuan, nanti bakalan bisa share/review kosmetik dan nanti bisa disambungin ke ecommerce dan ini besar sekali karena perempuan suka belanja dan talk to others. Insight ini juga pernah disampaikan oleh FemaleDaily di “Belajar bisnis online dari Female Daily” coba semua entrepreneur baca Startupbisnis.com ya … pasti menambah pengalaman dan pengetahuan tanpa mengalami sendiri jatuh bangunnya seorang founder.

Terlepas dari ke-5 tipe bisnis di atas, kalau kamu memang ada passion di internet service, yang mana di Indonesia baru berkembang, banyaaaak sekali kategori yang bisa jadi besar sekali. Jika gagal mencoba satu kategori, cobalah kategori lain, kan ada quote yang bilang :

Kamu pasti akan gagal, mending kamu gagal cepat-cepat, supaya bisa belajar dan buat startup baru dan bisa lebih sukses

Jika Anda memiliki tipe startup yang dicari oleh CAV, bisa mengirimkan pesan ke Oswin lewat akun Facebooknya.

Good luck and have fun with your startup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.