Taman Balekambang Solo, Tempat Bersantai Orang Solo

Taman-Balekambang
Mar 26 2016

Taman Balekambang Solo, Tempat Bersantai Orang Solo

Taman Balekambang Solo, Tempat Bersantai Orang Solo – Taman kota idealnya merupakan sebuah tempat yang didesain secara khusus dengan berbagai macam pohon-pohon rindang yang berguna sebagai paru-paru kota tersebut. sebagai paru-paru kota, taman kota sangat berguna untuk menyaring udara, menghasilkan oksigen, dan bahkan sebagai resapan air ketika musim hujan turun.

Indonesia memiliki banyak sekali taman yang tersebar di berbagai kota. Salah satu taman yang ada di Indonesia adalah Taman Balekambang Solo. Taman ini terletak di kota Surakarta atau sering juga disebut dengan Solo. Tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota saja, akan tetapi Taman Balekambang juga berguna sebagai tempat berwisata dan bersantai orang-orang yang ada di Solo dan sekitarnya.

Taman Balekambang Solo, Tempat Bersantai Orang Solo
Taman Balekambang merupakan taman kota Solo seluas 9,8 Ha yang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Taman yang sangat cantik ini dibangun untuk putri-purtri tercinta yakni GRAy Partinah Sukanta dan GRAy Partini Husein Djayaningrat. Hal tersebut dapat terlihat dari patung yang ada di dalam Taman Balekambang ini.
Karena taman ini didedikasikan khusus untuk kedua putri tersebut. Taman Balekambang ini dibagi menjadi 2 bagian yang berbeda yakni Partini Tuin dan Partinah Bosch. Pertini Tuin merupakan taman air yang sangat luas sekali, tempat ini secara khusus dibuat sebagai tempat resapan air yang ada disana. Bahkan pengunjung juga bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi kolam resapan air tersebut.
Sedangkan untuk kawasan Partinah Bosch atau Hutan Partinah, merupakan tempat yang terdapat banyak sekali pepohonan. Mulai dari pohon beringin, pohon kenari, dan masih banyak lagi. karena banyaknya pohon inilah, taman Balekambang juga dijadikan sebagai paru-paru kota yang ada di Solo.

taman-balekambang

Jaman dahulu, Taman Balekambang ini dijadikan sebagai tempat wisata keluarga dan kerabat istana Mangkunegaran saja. akan tetapi pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegara VIII, kawasan taman ini telah dibuka secara umum sebagai tempat wisata. Bahkan saat itu, banyak sekali acara yang bertajuk hiburan-hiburan rakyat di taman tersebut. terutama hiburan rakyat ketoprak lesung.
Pembangunan Taman Balekambang ini semakin baik saja, antara tahun 70an hingga 80an di kawasan kompleks taman tersebut dibangun sebuah gedung yang digunakan sebagai tempat bergelarnya berbagai hiburan rakyat. Gedung tersebut dikenal hingga sekarang dengan nama Panggung Srimulat.

Saat pembangunan Panggung Srimulat pertama kalinya itu, banyak sekali warga Solo yang menyukai aksi-aksi hiburan. Mulai dari ketoprak, wayang, dan masih banyak lagi. bahkan saat itu panggung tersebut sudah terkenal hingga keseluruh wilayah di Indonesia.
Namun kini setelah dilakukan revitalisasi pada tahun 2008, Taman Balekambang tersebut sekarang telah kembali berfungsi sebagai taman kota. Meskipun sekarang tidak ada pertunjukan seperti ketoprak dan sebagainya, Taman Balekambang ini tetap menjadi idola sebagian besar masyarakat yang ada di Solo dan sekitarnya. Bahkan banyak juga turis asing yang berkunjung kesini untuk menikmati udara sejuk yang berasal dari popohonan taman tersebut.

Taman Balekambang sangat cocok apabila dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga tercinta. Karena disini tersedia banyak sekali fasilitas super lengkap yang bisa membuat pengunjungnya nyaman. Salah satunya adalah kursi yang telah disediakan secara khusus untuk pengunjung yang datang. Kita bisa bersantai-santai ria di kursi-kursi tersebut bersama dengan keluarga dan orang tercinta.

Lokasi Taman Balekambang ini terletak di Jl Balekambang No. 1 Surakarta. Untuk bisa menuju ke lokasi tersebut sangatlah mudah sekali, karena terdapat banyak sekali sarana transportasi umum yang dapat mengantar Anda hingga ke tempat tersebut. mulai dari bus, taksi, ojek, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin berkunjung ke Taman Balekambang tersebut, maka Anda dapat berkunjung mulai pukul 08.00 – 21.00.

Itulah salah satu tempat wisata di kota Solo yang dapat kami sajikan untuk Anda. semoga informasi-informasi seputar objek wisata Solo yang kami sajikan bisa menjadi sumber referensi wisata Anda bersama dengan keluarga. selamat berwisata seru dan menyenangkan di kota Solo.