TEKNOLOGI TERBARU : Qlue Rilis Jasa Pengiriman Online Pakai Drone

Qlue-Jek-Liputan6.com_
Apr 01 2016

TEKNOLOGI TERBARU : Qlue Rilis Jasa Pengiriman Online Pakai Drone

JAKARTA — Qlue yang dikenal sebagai aplikasi solusi smart city besutan anak bangsa, dalam waktu dekat akan merilis layanan jasa pengiriman berbasis online bernama Qlue-Jek.

Layanan ini dihadirkan untuk menepis kendala pengiriman barang yang tersendat karena kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. Dengan teknologi terbaru drone Qlue-Jek pengiriman barang menjadi lebih cepat.

“Qlue-Jek adalah teknologi terbaru dari Qlue dengan konsep pembelanjaan dan pengantaran online berbasis aplikasi dan drone,” kata Project Manager Qlue-Jek, Ivan Tigana, seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (31/3/2016).

Ivan menjelaskan sebagai jasa pengantaran online, teknologi terbaru drone Qlue-Jek dapat mengirim barang dengan bobot hingga 5 kilogram dengan jarak tempuh 25 kilometer. Canggihnya, drone dapat dikontrol secara otomatis dan manual.

“Qlue-Jek dapat dikontrol secara otomatis atau manual dan memiliki speaker untuk berkomunikasi secara dua arah dengan merchant saat pengguna melakukan pemesanan,” papar Ivan.

Soal pengoperasian, teknologi terbaru drone Qlue-Jek dioperasikan oleh mantan pilot helikopter Badan Search and Rescue di Indonesia menggunakan kombinasi remote control dan virtual reality untuk mendeteksi keberadaan drone di udara.

Ivan menuturkan teknologi terbaru Qlue-Jek dilakukan melalui proses research and developement yang mendalam. “Teknologi Qlue-Jek dilakukan melalui proses research and developement secara mendalam dan komprehensif sehingga kami mampu memberikan solusi yang inovatif dan terbaik,” tutupnya.

Pada situs resminya, Qlue memperlihatkan layanan Qlue-Jek akan siap mengudara satu hari ke depan, yang berarti dipastikan akan tersedia mulai Jumat (1/4/2016).

Teknologi terbaru drone Qlue-Jek tidak hanya mampu mengangkat barang bawaan hingga 5 kg dengan jarak tempuh 25 km, tetapi juga dapat mengambil foto-foto kondisi kota dari atas yang terintegrasi dengan Qlue.

Seperti dikutip dari Okezone, dengan menggunakan foto dan lokasi, Qlue adalah aplikasi media sosial yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan dan mendiskusikan masalah pada lingkungan sekitar mereka, seperti sanitasi, jalan rusak, dan lainnya.

Bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengembangkan program Jakarta Kota Pintar, aplikasi populer ini membantu pemerintah dalam memonitor dan menyelesaikan masalah-masalah yang dilaporkan.

Aplikasi smartphone Qlue juga membantu pengguna menemukan bisnis di sekitar mereka. Pengguna bisa memberikan ulasan agar bisnis-bisnis tersebut bisa semakin berkembang.

 

Editor: Haryo Prabancono | dalam: Internet | Sumber: www.solopos.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.