TIPS OTOMOTIF : Jangan Taruh Powerbank di Mobil!

Ilustrasi-powerbank-www.flipkart.com_
Apr 15 2016

TIPS OTOMOTIF : Jangan Taruh Powerbank di Mobil!

Penggunaan powerbank untuk mengisi daya smartphone sudah menjadi hal lazim. Tetapi perlu diingat, jangan sembarangan menaruh benda kecil itu di dalam mobil. Lebih jelasnya soal bahaya powerbank di mobil, simak tips otomotif berikut ini.

Tan Heng Swee berbagi tips otomotif tentang akibat sembarangan menaruh powerbank di mobil. Pria 72 tahun itu bercerita bahwa keteledoran yang ia lakukan pekan lalu menyebabkan mobilnya nyaris terbakar habis.

Dilansir laman Straitstimes, Minggu (27/3/2016), saat itu Tan bersama istrinya memarkir mobil untuk makan siang di salah satu restoran di Pinang, Malaysia.

”Kami masuk ke restoran, berselang satu jam petugas parkir berlari ke meja kami dan mengatakan mobil kami terbakar. Asap tebal telah mengepul di dalam kabin. Saya dengan cepat meraih tabung pemadam dan menyemprot apinya,” papar Tan.

Tan menemukan api berasal dari powerbank yang ia tinggalkan di dashboard dekat kaca depan. Menurutnya paparan panas matahari membuat inti powerbank tidak stabil sehingga menimbulkan percikan api.

”Saya menyarankan masyarakat untuk tidak meninggalkan powerbank atau gadget apapun di dalam kendaraan,” ungkap Tan yang kemudian juga ia tulis di akun Facebook miliknya.

Kabin mobil terbakar akibat powerbank. (Straitstimes.com)

Kabin mobil terbakar akibat powerbank. (Straitstimes.com)

Kejadian yang menimpa Tan juga mendapat tanggapan dari Presiden Badan Perlindungan Konsumen Malaysia, Mohammed Idris. Pihaknya mengaku sudah melakukan pengujian dan menemukan banyak powerbank tanpa merek yang jelas rawan meledak.

Penyebarannya powerbank tanpa merek sulit dicegah karena powerbank seperti itu banyak diburu lantaran harganya yang murah. Sayangnya tidak dijelaskan detail powerbank yang menghanguskan mobil Tan.

Sumber: http://solopos.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.