WISUDA DIPLOMA : Lulusan UNS Diharapkan Bergabung dengan IKA UNS

11Wisuda-370x277
Mar 28 2016

WISUDA DIPLOMA : Lulusan UNS Diharapkan Bergabung dengan IKA UNS

SOLO-Para lulusan atau alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diharapkan dapat bergabung dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS. Mereka diimbau jangan menyendiri dan mencari IKA UNS yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya bisa melalui media sosial.

Hal tersebut dikemukakan Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, saat menyampaikan sambutannya dalam Wisuda Diploma Periode II Tahun Akademik 2015/2016 Program Diploma UNS, di Auditorium UNS, Solo, Sabtu (26/3/2016).

Ravik mengatakan, melalui jejaring atau media sosial, alumni diharapkan bisa berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Dalam berkomunikasi itu, Ravik meminta alumni bisa saling memberi sesuatu. Terutama mereka alumni yang belum bekerja.

“Seperti halnya UNS ini awalnya memang banyak mahasiswa yang berasal dari Solo dan sekitarnya. Namun melalui komunikasi, sekarang ini mahasiswa telah berasal dari 33 provinsi. Bahkan terdapat 192 mahasiswa asing yang belajar di UNS yang berasal dari 36 negara,” ungkapnya, Sabtu.

Termasuk untuk alumni yang baru diwisuda agar bisa memanfaatkan alumni terdahulu untuk membangun jaringan kerjasama dalam pekerjaan maupun lainnya. Bagi wisudawan seusai diwisuda dan secara otomatis menjadi alumni, maka alumni harus mau berkaca diri.

“Kalau alumni yang baru diwisuda tidak mau mengaca diri sendiri, maka kadang tidak bisa merefleksi diri untuk bisa merubah diri untuk keberhasilan ke masa depan,” jelasnya.

Alumni UNS sekarang ini tercatat ada 152.000 alumni dan sebanyak 40.543 alumni di antaranya adalah lulusan Program Diploma.

“Saat ini IKA telah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia, bergabung dan berjejaring,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I (Bidang Akademik) UNS Solo, Sutarno, menyampaikan, wisuda diikuti sebanyak 308 wisudawan yang terdiri atas 11 wisudawan dari Program Diploma 4 (D4) dan 297 wisudawan dari Program Diploma 3 (D3). Wisudawan Program D3 berasal dari 8 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 71 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 43 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) 16 wisudawan, Fakultas Kedokteran (FK) 3 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 107 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 18 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 4 wisudawan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) 33 wisudawan.

Sedangkan dari Program D4 yang diwisuda, menurut Sutarno, berasal dari dua program studi (prodi) yaitu Prodi Bidan Pendidik sebanyak 4 wisudawan dan Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja 7 wisudawan. Dzihni Yusrina, menjadi lulusan berpredikat Dengan Pujian dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,82 dari Program Studi (Prodi) Bahasa Cina.

 

Editor: Anik Sulistyawati | dalam: Pendidikan | http://www.solopos.com/nasional/pendidikan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.