PENELITIAN BARU : Siswa SMA Indonesia-NASA Kembangkan Tempe dan Padi di Luar Angkasa

Siswa-SMA-Unggul-Del-Okezone-Facebook
Mar 28 2016

PENELITIAN BARU : Siswa SMA Indonesia-NASA Kembangkan Tempe dan Padi di Luar Angkasa

LAGUBOTI — Proyek penelitian baru hasil karya para siswa SMA Unggul DEL dan tim siswa gabungan dari beberapa SMA di Indonesia, akan menjadi objek penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) di stasiun luar angkasa (ISS).

Dikutip dari Facebook SMA Unggul DEL, Sabtu (24/3/2016), penelitian baru pertama disiapkan oleh satu team siswa SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatra Utara, untuk mempelajari pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam kondisi nol gravitasi. Eksperimen ini dinamakan how to grow tempe in space.

Penelitian baru kedua disiapkan oleh team siswa gabungan dari beberapa SMA di Jakarta, Bandung, dan Jayapura untuk mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa. Eksperimen ini dinamakan how to grow rice in space.

Dua kelompok siswa ini menyiapkan perangkat eksperimen dalam bentuk micro-lab tersebut selama enam bulan terakhir, dan Januari berhasil lolos flight-test NASA yang sangat ketat dan boleh diluncurkan ke International Space Station (ISS) dengan menumpang Cygnus cargo freighter.

Saat peluncuran roket tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan sempat menyapa para siswa SMA Unggulan Del di Laguboti, Sumatra Utara, melalui konferensi video.

“Saya apresiasi kepada adik-adik yang telah melakukan hal luar biasa dalam melakukan pekerjaan eksperimen level global,” kaya Anies, Seperi dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sebanyak sepuluh siswa tersebut berprestasi tersebut adalah Anisa Auvira, Freddy Sahala Simanjuntak, Gilbert Ebenezer Nadapdap, Gomos Parulian Manalu, Hagai, Raja Sinulingga, Jonatan Kevin Daniel, Joy Patria Tara Gultom, Junita Sirait, Martin Anugrah Siahaan, dan Rudini Tua Silitonga.

Menpora Mengapresiasi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi prestasi siswa Indonesia saat hasil penelitiannya diberdayakan NASA untuk mempelajari luar angkasa. ”Mereka adalah anak-anak muda yang membanggakan. Ini bukti bahwa Indonesia memiliki kaum muda yang bervisi kelas dunia,” catat Imam, seperti dikutip dari Antara, Sabtu.

Dua perangkat eksperimen siswa Indonesia dibawa pesawat tanpa awak NASA pada Rabu (23/3/2016) adalah penelitian pertama dari tim siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggul Del di Laguboti, Sumatra Utara, mempelajari pertumbuhan ragi di luar angkasa.

Kemudian, eksperimen kedua mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa yang merupakan penelitian tim siswa gabungan beberapa SMA di Jakarta, Bandung (Jawa Barat), dan Jayapura (Papua).

Imam mengemukakan, dua eksperimen pemuda dan pemudi Indonesia tersebut kembali membuktikan banyaknya bakat dari dalam negeri yang dapat menciptakan inovasi dan kreativitas di bebagai bidang, hingga kemudian kualitasnya diakui masyarakat internasional.

Oleh karena itu, Ia menekankan, agar para pemuda unggul ini dapat terus diapresiasi di dalam negeri, sehingga tidak direbut negara lain. ”Jangan sampai para siswa dan siswi potensial Indonesia diambil oleh negara lain. Sudah banyak contoh pemuda-pemuda terbaik kita justru bekerja dan menetap di luar negeri karena berbagai faktor,” catatnya.

 

Editor: Haryo Prabancono | dalam: Sains | Sumber: http://www.solopos.com/tekno/feed

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.